Makanan Penambah Berat Badan Anak
Parenting

Makanan Penambah Berat Badan Anak

Prinsip dasar untuk orang tua yang ingin menambah berat badan pada anaknya adalah dengan memberikan makanan dengan tinggi kalori. Tapi tidak hanya soal tinggi kalori, sebagai orang tua harus memastikan bahwa tubuh anak mendapatkan nutrsi yang terpenuhi. Beriku ini adalah daftar makanan yang bisa di coba untuk menambah berat badan anak dengan cepat.

  1. Mentega dan minyak zaitun

Ketika sedang menyiapakan makanan untuk di konsumsi oleh anak, ada baiknya diberikan minyak zaitun atau olesan dari mentega yang memiliki lemak baik. Ini bermanfaat untuk anak karena pada makanan tersebut akan mangandung kalori yang tinggi di banding ketika makanan tidak di berikan mentega ataupun minyak zaitun. Kalau bicara soalnya rasa tentunya menjadi lebih lezat ketika di berikan minyak zaitun ataupun mentega.

  1. Pisang

Salah satu buah yang memiliki kalori dengan jumlah yang tinggi tentunya adalah pisang. Pada umumnya anak menyukai pisang dengan banyaknya variasi pisang yang tersedia di pasar, mulai pisang lemak manis, rajawali, ambon dll Untuk buah pisang bisa di konsumsi secara langsung atau yang sudah di olah, yang kira kira anak suka saja ya bun.

  1. Alpukat

Di antara jenis buah yang di rekomendasikan oleh dokter manapun ketika konsultasi soal gizi untuk anak yang agak kurus adalah dengan menkonsumsi alpukat. Selain tinggi kalori, tapi juga mengandung lemak, magnesium dan asam folfat yang baik untuk menaikan berat bada anak.

  1. Susu

Salah satu solusi untuk anak yang susah untuk makan dengan jumlah banyak tapi ingin berat badanya naik adalah dengan memberikannya susu penambah berat badan untuk anak, selain itu ini juga dapat merasang pertumbuhan tulang menjadi lebih kuat.

  1. Cemilan Berkarbohidrat

Cemilan seperti kentang goreng, jagung rebus dan biskut adalah cemilan yang cocok untuk mingkatkan berat badan anak, karena mengandung karbohidrat yang tinggi.

  1. Daging dan Telur

Kedua makanan ini baik di konsumsi karena memiliki kalori yang tinggi selain itu terdapat vitamin B12 yang bisa mencegah anak mengalami anemia. Sebelum mengkonsumsi kedua makanan tersebut pastikan terlebih dahulu bahwa anak tidak memiliki riwayat alergi pada daging dan telur.

Di beberapa kasus ada anak yang suka dengan semua makanan di atas, tapi kondisi badan anak masih kurus. Pertama yang harus di pastikan anak tidak memiliki masalah psikis karena tekanan belajar atau target orang tua yang memaksakan untuk nilai tinggi dll sehingga membuatnya merasa terbebani secara pikiran. Selain pastikan juga anak memiliki kualitas tidur yang baik tidak mengalami insomnia.

Apabila pada tahap evaluasi tersebut juga tidak di temukan masalah, segera untuk berkonsultasi ke dokter terkait berat badang anak yang kurus tidak mau naik.