Bunda, Yuk Ketahui Perkembangan Bayi 7 Bulan
Parenting

Bunda, Yuk Ketahui Perkembangan Bayi 7 Bulan

Perkembangan bayi 7 bulan biasanya sudah menunjukkan beberapa hal menakjubkan ya, Bunda. Mulai dari bobotnya yang bertambah, mulut yang terasa gatal karena akan tumbuh gigi, hingga belajar merangkak. Ketika bayi 7 bulan mulai merangkak, ia akan berusaha menyeimbangkan antara lutut dan lengannya. Kegiatan ini juga memperkuat otot si bayi agar siap untuk berjalan.

Pada usia 7 bulan, bayi juga mulai dapat duduk tanpa ditopang atau dibantu orang lain. Sedangkan untuk bobot dan panjangnya yang bertambah akan berbeda berdasarkan jenis kelaminnya. Bayi perempuan yang telah berusia 7 bulan umumnya akan bertambah panjang hingga 63-71,5 centimeter, dengan berat sekitar 6-9,5 kilogram. Sedangkan untuk bayi laki-laki akan mencapai panjang badan sekitar 63-73 centimeter dengan berat rata-rata mencapai 6,7-10 kilogram.

Perkembangan Bayi 7 Bulan Menunjukkan Beberapa Kemampuan

Pada usia ini, ada beberapa kasus dimana bayi tidak melalui fase merangkak namun langsung dapat berjalan. Selain itu, ada juga sebagian besar bayi yang ketika belajar merangkak malah mundur dan bukan maju. Jangan terlalu khawatir Bunda, selama si kecil mampu menyeimbangkan alat gerak tubuhnya, maka hal ini tidak akan membahayakan. Sebaiknya, ketika bayi baru belajar berjalan jangan gunakan baby walker. Karena jika tidak diawasi dengan baik, alat tersebut dapat membuat bayi celaka. Selain itu, pastikan kondisi lantai selalu bersih dan jauh dari perabotan-perabotan rumah untuk bisa menjamin keamanan bayi Anda yang sedang aktif-aktifnya merangkak.

Bayi berusia 7 bulan sudah memperlihatkan beberapa perubahan pada kemampuan yang dimilikinya, seperti kemampuan motorik, komunikasi, hingga sosial. Kemampuan motorik si kecil akan terlihat ketika ia berusaha menegakkan punggung dan memutar badan untuk bisa lebih lama duduk. Selain itu, si kecil juga sudah mampu mengelompokkan dan menyusun mainan-mainan berdasarkan ukuran. Jika ingin melatih kemampuan motoriknya, maka ajak si kecil bermain.

Sedangkan untuk kemampuan komunikasi, si kecil sudah mampu mengingat-ngingat suara yang sering ia dengar. Beberapa kosa kata sederhana juga terdengar dari mulut anak, seperti ‘pa-pa’ atau ‘ma-ma’. Anak juga mampu berkomunikasi dengan orang-orang melalui gerakan tubuh serta ekspresi wajah. Bahkan beberapa bayi 7 bulan ada yang sudah bisa berceloteh mengucapkan beberapa kosakata kompleks.

Selain menunjukkan kemampuan komunikasi, anak juga mulai mengenali lingkungan sosialnya. Ia akan merasa cemas jika ada seseorang yang belum pernah dilihat atau tampak asing dalam pandangannya. Bayi berusia 7 bulan juga akan semakin terlihat ekspresif.

Hal Lain yang Harus Diperhatikan Bunda pada Pertumbuhan Anak

Bayi akan sering merasa gatal pada mulutnya karena ada gigi yang tumbuh. Sehingga, si kecil akan terus menerus memasukkan benda atau tangan ke dalam mulut untuk digigit. Air liur si kecil juga akan keluar lebih banyak pada masa ini. Anda dapat membantu si kecil mengurangi rasa gatal pada mulut dengan memberikan mainan teether untuk digigit.

Nah, itulah beberapa perkembangan bayi 7 bulan serta kemampuan-kemampuan yang mulai ditunjukkan. Informasi selengkapnya silahkan kunjungi website atau situs Generasi Maju, semoga membantu ya Bunda.