5 Tips Puasa bagi Ibu Hamil agar Tetap Kuat
Lifestyle

5 Tips Puasa bagi Ibu Hamil agar Tetap Kuat

Berpuasa bukanlah halangan bagi seorang Ibu hamil. Namun, Ibu hamil masih diberi pilihan agar tidak berpuasa. Bagi Anda yang memiliki kandungan, kondisi tubuh maupun janin yang masih sehat, Anda bisa meneruskan kewajiban ini sampai selesai. Jangan lupa untuk mengawali dengan sahur meskipun Anda menyantap sahur diakhir atau mendekati jadwal imsak. Berikut ini ada beberapa tips agar Ibu hamil tetap kuat dalam menjalankan puasa.

1. Membuat Agenda Nutrisi Makanan

Sebelum Anda berpuasa, konsultasikan dengan dokter kandungan terkait dengan nutrisi makanan dan minuman. Setelah itu Anda bisa mengagendakan segala nutrisi makanan dan minuman selama Anda berpuasa. Terutama bagi Anda yang memiliki penyakit tertentu.

2. Mencukupi Kebutuhan Cairan

Bagi Ibu hamil menjaga kesehatan dengan mencukupi kebutuhan cairan merupakan hal yang harus dilakukan. Terutama pada saat bulan puasa bertepatan dengan musim kemarau. Tentu hal ini bisa membuat Ibu hamil cepat dehidrasi. Ada baiknya Anda mencukupi cairan dengan mengonsumsi air putih minimal 10 gelas atau sekitar 2,3 liter setiap harinya. Terutama pada saat sahur dan berbuka puasa agar tubuh tidak mudah lemas.

3. Cukup Istirahat

Pada saat sedang hamil, usahakan Anda beristirahat yang cukup. Apalagi saat Anda harus berpuasa. Hindari stres dan tetap tenang menjalani semua aktivitas. Apabila Anda masih bekerja, usahakan Anda memaksimalkan waktu istirahat di kantor dengan tidur sebentar. Anda bisa tidur siang meskipun hanya 30 menit agar tubuh tetap kembali segar saat menjalankan tugas kantor. Jangan lupa cari hiburan atau membaca artikel islami agar kondisi psikologis Anda tetap tentram dan santai.

4. Batasi Aktivitas yang Tidak Penting

Segala aktivitas yang tidak penting, ada baiknya Anda hindari bila perlu jangan dilakukan. Gunakan saja atau ganti dengan istirahat. Bagi Ibu hamil menghindari hal-hal yang membuat kelelahan maupun hal-hal yang cepat membuat stres adalah sebuah keharusan. Apalagi saat badan mulai tidak terasa sehat. Tentu hal ini dapat membahayakan baik Ibu hamil maupun janin.

5. Hindari Olahraga Berat

Biasanya kondisi Ibu hamil, tubuh akan terasa mudah lelah dan terasa sakit. Ada beberapa orang yang beranggapan bahwasanya dengan berolahraga dapat menghilangkan rasa tidak nyaman di badan. Olahraga yang ringan memang sah-sah dilakukan. Namun, usahakan untuk menghindari olahraga yang berat agar tubuh tidak terasa terbebani.

Itulah beberapa informasi mengenai tips puasa bagi ibu hamil agar tetap kuat. Jangan lupa untuk mengonsumsi makan sahur yang dilakukan mendekati jadwal imsak dengan porsi dan menu makanan serta minuman yang sehat.

Upayakan untuk menghindari minuman berkafein maupun dalam bentuk obat-obatan. Apabila tubuh mulai merasakan tidak nyaman seperti terasa mual dan muntah, demam yang tidak kunjung usai, hingga diare, segera konsultasikan tubuh ke dokter.