5 Nutrisi Penting bagi Kucing!
Others

5 Nutrisi Penting bagi Kucing!

Makanan kucing yang bagus adalah salah satu aspek terpenting untuk menjaga kucingmu tetap sehat dan bahagia. Makanan kucing sebaiknya mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Pada umumnya, semua kucing memerlukan nutrisi yang relative sama. Hanya takarannya yang berbeda setiap kucing. Kebutuhan nutrisi tersebut harus dipenuhi agar kucing tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Berikut ini beberapa nutrisi yang harus ada pada makanan kucing:

Protein

Protein adalah sumber asupan energi utama yang dibutuhkan kucing. Protein juga sebagai sumber asam amino untuk kucing bertahan hidup. Taurine pada asam amino berperan penting dalam tumbuh kembang kucing, menyehatkan mata dan jantung, serta menjaga system reproduksi kucing.

Dari banyaknya nutrisi penting bagi kucing, banyak yang menganggap semakin tinggi kadar protein dalam cat food maka akan semakin bagus. Itu adalah hal yang salah. Karena kelebihan protein justru berbahaya untuk kucing karena dapat mengakibatkan gangguan pencernaan. Jadi, kadar protein tetap harus sesuai dengan tahapan perkembangan si kucing. 

Asam Lemak

Istilah Omega 3 dan Omega 6 pasti tidak asing ditelinga kita karena manfaatnya yang baik untuk kesehatan manusia. Namun, tidak hanya untuk manusia, asam lemak ini juga dibutuhkan kucing. Kandungan Omega 3 dan Omega 6 baik untuk menjaga kesehatan bulu kucing. Bulu kucing Anda akan tampak lebih lembut, berkilau dan tidak mudah rontok sehingga mencegah hairball pada kucing. Omega 3 dan Omega 6 bisa didapatkan dari kuning telur, flaxseed dan minyak ikan.

Vitamin A, C dan E

Ada dua jenis vitamin yang dibutuhkan kucing yaitu vitamin yang dapat larut dalam air seperti vitamin C dan vitamin B kompleks dan vitamin yang larut dalam lemak yaitu vitamin A, D, E, dan K. Vitamin tersebut berperan dalam metabolisme dan pertumbuhan kucing.

Makanan kucing harus mengandung vitamin A yang bisa diperoleh dari minyak ikan. Vitamin A dibutuhkan untuk mempertajam penglihatan kucing, menyehatkan kulit kucing dan sekaligus menambah kekebalan tubuh kucing. Sedangkan vitamin C dan E baik untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang kucing.

Mineral

Dalam tubuh kucing, mineral berperan dalam pembentukan enzim, keseimbangan pH, dan sirkulasi oksigen. Beberapa mineral penting dalam makanan kucing diantaranya ada kalsium dan fosfor.

Kalsium memiliki manfaat yang hampir sama dengan Vitamin C dan E yaitu menjaga kesehatan gigi dan tulang kucing. Kalsium dapat diperoleh dari daging ayam, daging domba dan ikan.

Fosfor baik untuk perkembangan otot kucing. Dengan sel otot yang bekerja dengan baik, kucing Anda dapat bergerak dengan lincah. Selain sel otot, Fosfor juga baik untuk membantu memperkuat gigi dan tulang kucing.

Air

Sama halnya manusia, kekurangan air dapat menyebabkan kucing mengalami dehidrasi. Salah satu akibat dari dehidrasi adalah bulu kucing yang rentan rontok dan tidak mengkilap. Sediakan selalu air bersih untuk memenuhi kebutuhan air kucing Anda.

Salah satu produk makanan kucing yang bagus untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan kucingmu, yaitu ProPlan. ProPlan tersedia dalam berbagai varian yang dapat disesuaikan dengan selera, serta kebutuhan nutrisi si kucing.